Tips Mudah Mengolah Rumput Laut dan Contoh Hasil Olahannya yang Berkhasiat Bagi Tubuh

Hidup di negara yang kaya akan hasil lautnya, membuat masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama rumput laut yang banyak dijadikan berbagai olahan makanan lezat, bukan? Dengan kandungan banyak nutrisi di dalamnya, tumbuhan ini dikatakan memiliki banyak vitamin dibandingkan buah – buahan dan sayuran yang ditanam di daratan. Terlepas dari hal itu, tahukah kamu bagaimana cara mengolah tumbuhan laut yang satu ini secara mudah dan tepat serta apa saja hasil olahannya yang banyak dijumpai di pasaran? 

Mengapa seseorang perlu mengkonsumsi rumput laut? 

Sebagai sumber makanan yang berlimpah yang tidak membutuhkan air atau pupuk untuk panen (karbon-negatif), rumput laut atau seaweed ini diklaim sangat ideal untuk dikonsumsi banyak orang. Hal ini dikarenakan, banyak sekali manfaat rumput laut bagi tubuh yang sering kali tidak disadari oleh setiap orang. Adapun alasan mengapa seseorang perlu mengkonsumsi tumbuhan laut ini yakni karena beberapa hal berikut ini.

  • Mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Alasan mengapa seseorang perlu mengkonsumsi tumbuhan alga ini yakni karena dengan kandungan serat larut dan tidak larut menjadikannya sangat bagus untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Dimana, tumbuhan laut ini bagus untuk meningkatkan rasa kenyang, mengurangi masalah kembung dan melancarkan sistem pencernaan.

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sebagai sumber antioksidan yang kuat, rumput laut diklaim mampu membantu meningkatkan sistem imunitas / kekebalan tubuh. Di samping itu, adanya iodium dan asam amino di dalamnya juga dapat berguna untuk membantu mencegah penyakit tiroid. Serta kandungan polifenol di dalamnya juga mampu mendukung proses anti-kanker di dalam tubuh.

  • Membantu menyembuhkan penyakit kardiovaskuler

Di beberapa penelitian menunjukkan bahwa seaweed ini diklaim mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler / jantung. Bahkan, tak sedikit ahli yang setuju bahwa tumbuhan laut yang satu ini memiliki peranan penting dalam menstabilkan kadar gula darah dan mampu mengurangi lemak darah.

  • Menjaga kesehatan otak

Kandungan asam lemak omega-3, EPA dan DHA di dalam tanaman alga ini juga ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kognitif dan mencakup peningkatan memori serta kinerja otak. Sehingga, tidak mengherankan jika rumput laut ini perlu dikonsumsi oleh orang – orang demi membantu menjaga kesehatan otak.

  • Sebagai anti-aging alami

Tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, alasan orang perlu mengkonsumsi tumbuhan laut ini yakni karena memiliki peranan penting sebagai anti-aging. Dimana, tumbuhan tersebut mampu memerangi masalah jerawat, tanda – tanda penuaan dini, mengurangi peradangan, melindungi kulit dari dehidrasi serta menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan zat besi dan kalsium di dalamnya, menjadikan tumbuhan alga ini diklaim mampu menjaga kesehatan tulang. Bahkan tidak hanya itu saja, adanya kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya juga ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan persendian dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat rumput laut selanjutnya yang juga menjadi alasan mengapa kamu perlu mengkonsumsinya yakni karena rumput laut dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan astazanthin di dalamnya menjadi nutrisi kuat yang mampu memberikan perlindungan pada indera penglihatan.

Bagaimana cara mengolah rumput laut yang mudah dan tepat? 

Sebagai salah satu bahan makanan yang sering dijumpai di beberapa menu makanan, kamu perlu tahu bahwa untuk mengolah rumput laut ini perlu tips dan trik yang tepat. Sebab jika pengolahannya dilakukan secara asal – asalan, maka bukan tidak mungkin hasil olahan akan berbau dan tidak sesuai dengan keinginan. Untuk itu, dalam mengolah rumput laut ini kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Pilih rumput laut yang bagus dan berkualitas baik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan baik – baik yakni memiliki rumput laut yang bagus dan berkualitas. Dalam hal ini, pastikan jika tumbuhan alga ini memiliki kriteria seperti tidak berbau, berwarna hijau alami, memiliki tekstur yang kaku dan memiliki aroma yang segar. 

  • Cuci bersih di bawah air mengalir

Untuk menghilangkan kotoran – kotoran yang menempel di permukaan, sebaiknya kamu cuci bersih rumput laut di bawah air yang mengalir. Pada saat proses pencucian ini, sebaiknya kamu menggunakan alat saringan untuk memudahkan dalam membersihkannya.

  • Rebus di air mendidih 

Agar tidak merusak tekstur, maka disarankan agar jangan merebus tumbuhan seaweed ini terlalu lama. Disini, kamu sebaiknya tunggu air hingga mendidih dan masukkan rumput laut ke dalam panci kemudian rebus selama dua menit saja.

  • Lakukan perendaman dengan air dingin

Jika rumput laut telah direbus, maka selanjutnya tinggal mencuci kembali tumbuhan alga tersebut di bawah air mengalir. Setelah itu, kamu tinggal melakukan perendaman seaweed ke dalam air dingin kurang lebih selama 5 menit saja. Tujuan perendaman ini yakni untuk menghentikan proses pemasakan sehingga teksturnya tetap kenyal dan renyah.

  • Simpan dalam kulkas

Terakhir, kamu tinggal masukkan rumput laut ke dalam kulkas selama kurang lebih lima menit. Pastikan bahwa sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, kamu telah meniriskan rumput laut hingga benar – benar kering. Jika telah dimasukkan ke kulkas, kamu tinggal mengolah rumput laut tersebut ke berbagai olahan menu makanan yang diinginkan.

Macam – macam olahan rumput laut

Dari sekian banyaknya manfaat rumput laut yang membuat orang – orang perlu mengkonsumsi tumbuhan laut ini, ternyata ada beberapa olahan dari rumput laut yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Beberapa olahan dari rumput laut diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Agar-agar rumput laut

Jika kamu ingin sesuatu yang dapat dikonsumsi untuk berbagai umur, cobalah agar-agar rumput laut. Tidak hanya mengandung kalsium alami, agar-agar yang terbuat dari rumput laut baik untuk kesehatan tulang tanpa mudah menumpukkan ginjal dan pembuluh darah.

  • Sandwich rumput laut

Olahan rumput laut yang dibuat dengan roti sandwich yang dilapisi dengan jenis rumput laut kering / nori. Olahan ini sangat cocok digunakan sebagai menu makan siang yang menyehatkan dan praktis sehari – hari.

  • Keripik rumput laut

Jika kamu ingin membuat camilan yang renyah dan gurih, maka bisa menggunakan bahan utama dari tumbuhan rumput laut ini. Disini, kamu tinggal menata lembaran rumput laut dan potong sesuai keinginan baru panggang selama 7 – 10 menit.

  • Es buah rumput laut

Rumput laut juga bisa dijadikan sebagai salah satu pelengkap campuran es buah yang begitu menyegarkan. Dengan perpaduan macam – macam buah dan campuran sirup yang dituang di dalamnya, kamu akan merasakan sensasi kelezatan dan kesegaran dari es rumput laut yang satu ini.

  • Smoothies rumput laut

Jika biasanya smoothies dibuat dari buah – buahan dan sayuran, maka kamu perlu mencari cara unik dengan menggunakan rumput laut. Manfaat rumput laut yang diolah menjadi smoothies ini yakni dapat memberikan tenaga yang sehat dan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

Nah, itu semua merupakan manfaat serta olahan yang bisa dibuat dari rumput laut. Ada baiknya melihat berbagai macam produk yang terbuat darinya. Salah satunya merupakan Agarpac, serat agar-agar yang lembut dan cocok untuk segala usia. Tidak hanya itu, Agarpac juga praktis, dapat menghidrasi tubuh, juga menjaga pencernaan yang lancar. Sehingga, baik untuk dikonsumsi agar memenuhi keperluan serat setiap harinya.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published.