Membahas mengenai makanan yang memiliki rasa gurih alami dan banyak ditemukan di berbagai jenis makanan olahan, tentunya kamu akan langsung menyebut rumput laut sebagai makanan yang dimaksud, bukan? Ya, sebagai salah satu hidangan negara – negara Asia, makanan yang juga dikenal dengan nama seaweed ini rupanya tidak hanya mampu memanjakan lidah saja tetapi juga memiliki khasiat penting yang jarang diketahui oleh banyak orang. Lantas, apa saja manfaat dari seaweed tersebut? Agar lebih paham, kamu bisa menyimak informasi lengkapnya di artikel di bawah ini. 

Apa itu rumput laut? 

Rumput laut / seaweed umumnya merupakan sejenis tumbuhan laut yang digolongkan dalam makroalga (kelompok alga berukuran besar). Jika dilihat secara lebih detail, rumput laut sendiri tidak memiliki akar, batang dan daun. Adapun jika dikelompokkan berdasarkan pigmen yang terkandung di dalamnya, seaweed ini terdiri dari Rhodophyceae (merah), Chlorophyceae (hijau), Phaeophyceae (cokelat) dan Cyanophyceae (biru – hijau). 

Dari keempat kelompok pigmen tersebut, rumput laut Rhodophyceae (merah) dan Phaeophyceae (cokelat) memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, kedua seaweed tersebut merupakan penghasil hidrokolid (agar, alginat, karagenan) yang dipakai sebagai pengental dan pembuat gel di berbagai industri, khususnya industri pangan. 

Kandungan rumput laut

Sebelum mengetahui mengenai manfaat rumput laut, ada baiknya bagi kamu untuk tahu tentang kandungan tumbuhan laut yang satu ini. Perlu diketahui bahwa dalam 100 gram seaweed ini, mengandung 45 kalori, 100 gram karbohidrat, 2 gram protein dan 1 gram lemak. Tumbuhan laut ini juga diperkaya akan serat, gula dan berbagai vitamin seperti A, B, C, E, K, yodium, folat, kalium, magnesium, mangan, besi, tembaga, fosfor, zat serta kolin. 

Umumnya, rumput laut kering berbentuk bubuk diklaim memiliki banyak kandungan zat gizi dan mampu untuk memenuhi jumlah kebutuhan zat gizi harian. Hal ini bisa kamu lihat pada spirulina dan chrolle yang mengandung protein 2 kali lipat lebih banyak untuk tiap porsinya dan mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Di samping itu, tumbuhan laut ini juga dikatakan sebagai sumber antioksidan yang diyakini sangat berkhasiat bagi kesehatan. 

Jenis – jenis rumput laut

Dari banyaknya kandungan yang diberikan, rumput laut sendiri ternyata memiliki jenis yang berbeda. Beberapa jenis dari tumbuhan laut ini antara lain sebagai berikut :

  • Arame

Yakni spesies rumput laut dari ganggang cokelat yang memiliki rasa gurih dan manis. Memiliki kandungan magnesium sangat tinggi dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Dulse 

disebut dulse, dillisk atau dilsk, dulse merah, serpih Ulva, atau creathnach, adalah alga merah yang mengandung potasium lebih tinggi dan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

  • Gracilaria

merupakan jenis alga merah yang dapat dijumpai hampir di semua perairan tropik. Berperanan besar dalam bidang industri dan farmasi diantaranya dalam pembuatan agar-agar.

  • Hijiki 

Merupakan rumput laut berwarna cokelat yang memiliki kandungan serat dan mineral penting bagi tubuh seperti zat besi, kalsium serta magnesium.

  • Kombu 

Sejenis seaweed yang banyak dipakai sebagai kaldu dalam berbagai makanan. Dengan kandungan tinggi serat, manfaat rumput laut ini mampu menurunkan penyerapan lemak.

  • Nori

Yakni sejenis rumput laut yang memiliki rasa cukup gurih dan asin dan mampu untuk mencegah penyakit diabetes serta memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

  • Wakame

Jenis seaweed yang memiliki rasa dan tekstur cukup manis, akan tetapi khas dan cukup kuat. Kandungan tumbuhan laut ini mampu digunakan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan dan kecantikan tubuh?

Dalam kehidupan sehari – hari, kamu tentu pernah atau bahkan sering menemukan rumput laut di berbagai olahan makanan seperti di campuran es buah, onigiri, mie, sushi dan lain – lain, bukan? Dari beberapa olahan tersebut, siapa sangka jika tumbuhan laut ini memiliki manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Beberapa manfaat penting dari rumput laut ini antara lain sebagai berikut :

  • Mampu mendukung fungsi kelenjar tiroid

Dari beberapa jenis seaweed seperti nori dan wakame ternyata memiliki kandungan yodium tinggi yang berguna untuk mendukung fungsi kelenjar tiroid. Pada umumnya, kelenjar tiroid ini memiliki peranan penting dalam membantu sistem metabolisme tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel – sel tubuh dan memproduksi energi. 

  • Sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik 

Tiap jenis seaweed umumnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda – beda. Meski demikian, tumbuhan laut ini umumnya memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, B, C, E dan K serta beberapa kandungan lainnya seperti magnesium, kalsium, natrium, folat dan lain sebagainya.

  • Sebagai antioksidan

Seperti yang kita tahu bahwa antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang merusak sel – sel dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi rumput laut, maka kemungkinan terjadinya kerusakan sel akan terbilang lebih rendah. Sehingga, tak heran jika seaweed ini cocok dijadikan sebagai antioksidan terbaik bagi tubuh.

  • Membantu menjaga kesehatan pencernaan dan usus

Memiliki kandungan serat yang terbilang cukup tinggi, rumput laut ini juga mampu membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan usus. Hal ini dikarenakan adanya polisakarida yang terkandung di dalamnya diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan baik pada saluran pencernaan.

  • Efektif membantu menurunkan berat badan 

Kandungan serat yang banyak dan sedikit kalori, siapa sangka jika tumbuhan laut ini juga dapat membantu memperlambat pengosongan lambung. Hal inilah yang nantinya akan membantu seseorang untuk lebih mudah merasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Sehingga, hal ini akan sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

  • Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Sebagai sumber serat yang baik dengan kandungan asam lemak omega-3 serta antioksidan di dalamnya, seaweed ini juga membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dimana, orang yang mengonsumsi rumput laut ini nanti akan sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat serta mencegah terjadinya risiko pembekuan darah.

  • Menjadikan kulit lebih lembab

Salah satu manfaat rumput laut untuk kecantikan yakni dapat menjadikan kulit yang kering terasa lebih lembab, Hal ini dikarenakan tumbuhan laut ini merupakan agen humektan / pelembab alami yang membantu kulit untuk mengikat air. Dengan begitu, maka kulit akan terhindar dari masalah dehidrasi. 

  • Mencegah terjadinya tanda penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalamnya juga efektif untuk mencegah tanda – tanda penuaan dini pada kulit serta mampu menangkal radikal bebas. Sehingga, kulit akan terhindar dari masalah garis – garis halus serta keriput yang mengganggu penampilan.

  • Membantu perawatan kulit berminyak

Bagi kamu yang mungkin memiliki tipe / jenis kulit berminyak, maka seaweed ini bisa menjadi solusi tepat. Sebab dengan mencampurkan serbuk rumput laut dengan air, maka kulitmu akan terasa lebih sehat dan juga dapat membantu dalam mengatur produksi sebum tanpa menjadikan kulit kering.  Jadi, itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari rumput laut dalam membantu menjaga kesehatan tubuh serta dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk melakukan perawatan / kecantikan.  

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published.