10 Makanan Berserat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Guna menjaga kesehatan dalam tubuh, serat sangat diperlukan agar dijauhkan dari segala penyakit pencernaan atau penyakit lainnya. Umumnya, makanan berserat dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 28 gram dalam seharinya. Namun, tergantung juga dari jenis kelamin dan usia. 

Serat dapat kamu temui di berbagai macam makanan, seperti buah dan sayuran. Artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui makanan berserat apa saja yang berguna untuk tubuh. Berikut simak ulasan.

1. Wortel

Selain kaya akan vitamin A, wortel juga memiliki serat yang tinggi untuk membantu melancarkan fungsi pencernaan. Wortel juga mengandung nutrisi yang bagi bagi tubuh, seperti, magnesium, vitamin B, vitamin K, dan juga betakaroten. 

Wortel yang mentah dalam mengandung serat sebanyak 3,6 gram per cangkir. Jika dalam 100 gram wortel, maka terkandung 2,8 gram serat. 

2. Jagung

Makanan berserat yang dapat kamu konsumsi ialah jagung. Pada satu buah jagung terdapat kandungan 2 gram serat yang pastinya baik untuk tubuh. Kamu dapat memvariasikan cara mengonsumsi jagung, misalnya saja dengan direbus bersamaan dengan sayur atau dikonsumsi dengan jagung yang telah jadi popcorn. Umumnya, terdapat 3,5 gram serat pada sajian 3 mangkuk popcorn.

3. Buah pir  

Di dalam buah pir terkandung 3,1 gram serat dalam 100 gram buahnya atau 5,5 gram serat dalam satu buah pir. Hal ini tentu saja bisa menjadikan buah pir sebagai sajian makanan sehat setiap hari untuk dirumah.

4. Rumput Laut

Makanan berserat yang berasal dari laut ini memiliki serat yang cukup tinggi. Serat yang ada dalam rumput laut ini mampu untuk memberi makan pada bakteri di dalam usu. Bakteri tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena, ia akan memecah serat jadi senyawa. 

Selain itu, rumput laut juga mengandung berbagai macam nutrisi tinggi seperti, mangan,magnesium, kalium, sodium, kalsium, sodium, tembaga, dan juga zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

5. Alpukat

Buah yang lezat ini juga merupakan makanan berserat tinggi. Serat yang terkandung pada alpukat merah umumnya sampai 6,7 gram per 100 gram bahannya. Sedangkan dalam takaran satu buahnya, umumnya mengandung 10 gram serat. 

Selain mengandung serat, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi yang sehat seperti, vitamin E, vitamin C, magnesium, kalium, serta Vitamin B. Banyaknya nutrisi yang terkandung ini dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Karena alpukat juga memiliki lemak sehat. 

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki serat yang cukup tinggi. Selain serat, kacang putih juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat seperti zat besi dan juga protein. Kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi untuk menambah serat dalam tubuh, antara lain, kacang merah, kacang hitam, kacang polong, dan juga kacang putih.Sangat cocok sebagai makanan berserat tinggi untuk diet.

Dalam kacang polong yang sudah matang, terkandung serat sebanyak 16,3 gram dalam satu cangkir. Jika dalam 100 gramnya, kacang polong memiliki serat sebanyak 8,3 gram.

7. Brokoli

Sayuran satu ini memiliki kandungan serat sebanyak 2,4 gram dalam satu cangkir untuk tubuh. Dibandingkan dengan sayuran lainnya, brokoli salah satu jenis sayuran yang padat akan nutrisi dengan protein yang tinggi. Selain mengandung serat, brokoli juga terdapat kandungan vitamin K, Vitamin C, Vitamin B, folat, kalium, mangan, antioksidan, dan juga zat besi. 

Cara penyajian brokoli pun bermacam-macam. Kamu dapat mengukus, merebus, atau makan secara mentah. Agar vitamin dan gizi yang terkandung pada brokoli tetap aman, kamu perlu untuk memastikan waktu yang pas dalam memasaknya. 

8. Tomat

Sayuran satu ini, selain berfungsi untuk kecantikan, ternyata di dalamnya juga terkandung serat yang bermanfaat untuk tubuh. Biasanya dalam satu buah tomat terdapat kandungan serat sebanyak 1,2 gram. Tomat juga dapat berfungsi untuk meminimalisir terkena penyakit prostat untuk pria, karena di dalamnya mengandung likopen.

9. Pisang

Buah yang bergizi dan enak ini, memiliki kandungan serat sebanyak 3,1 gram pada pisang yang berukuran sedang. Dalam sajian 100 gramnya mengandung 2,6g ram serat. Selain mengandung serat, pisang juga mengandung nutrisi, seperti vitamin B6, kalium, dan juga vitamin C yang baik untuk tubuh.

10. Raspberry 

Buah favorit banyak orang ini, juga termasuk makanan yang memiliki serat tinggi. Raspberry memiliki kandungan serat sebanyak 8 gram pada satu cangkirnya. Dalam 100 gram raspberry, terkandung 6,5 gram serat. Selain terdapat serat, raspberry juga memiliki kandungan mangan dan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh.

Itulah 10 Makanan berserat Bermanfaat untuk Tubuh. Semoga artikel ini membantu kamu mengenal jenis jenis makanan berserat.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *