Menjaga saluran pencernaan agar tetap lancar merupakan hal yang sepele namun penting untuk dilakukan. Pencernaan yang sehat akan dapat membuat anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit pada tukak lambung, batu empedu, penyakit wasir  yangs ering diderita banyak orang hingga menjadikan kanker.

Artikel berikut akan membahas tentang pentingnya pencernaan lancar. Selain mencegah terjadinya penyakit pada pencernaan, sistem ini juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh juga bila tidak dirawat. Alhasil bukan hanya penyakit yang terfokus pada pencernaan saja bisa saja mempengaruhi organ lain. 

Mengapa demikian ? cerminan daya tahan tubuh yang baik dipengaruhi juga saluran cerna yang sehat karena hampir dari 70 % sistem kekebalan tubuh kita terdapat pada satu organ pada sistem pencernaan yaitu jaringan usus. Bakteri baik atau bakteri probiotik yang ada dalam usus akan memelihara kesehatan sistem pencernaan dan akan meningkatkan sistem imun melalui beberapa mekanisme. 

Selain untuk kekebalan tubuh, jika saluran pencernaan dalam kondisi yang sehat maka penyerapan nutrisi lebih maksimal, Sehingga menunjang sistem kekebalan tubuh akan tercukupi hingga menjadikan daya tahan tubuh lebih kuat. 

Nah, jika saluran pencernaan bermasalah dan jumlah bakteri baik akan menurun. Proses penyerapan terganggu dengan masalah tersebut sehingga mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Karena memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh, kesehatan pencernaan tidak boleh disepelekan, ya. 

Cara yang paling mudah untuk memastikan bahwa pencernaan lancar yaitu dengan menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada pada usus agar jumlahnya tetap terjaga. Ciri sistem pencernaan lancar danĀ  baik sebagai berikut :

  • Buang air besar secara teratur 

Frekuensi buang air besar normal biasanya antara 3-4 kali seminggu. Beberapa orang akan mengalami siklus yang berbeda karena tergantung pada metabolismenya. Oleh karena itu, buang air setiap hari merupakan hal yang masih bisa dibilang normal.

Pola buang air besar yang teratur tanpa merasakan kesakitan merupakan pertanda bahwa sistem pencernaan lancar dan bekerja sangat baik. Pola buang air besar dapat dikatakan teratur bila siklusnya tidak langsung berubah menjadi jarang atau menjadi sering. 

  • Feses yang normal berwarna coklat 

Ciri yang kedua ini bisa digunakan untuk memastikan lebih lanjut apakah benar benar lancar tetapi sehat atau lancar namun ternyata malah sakit. Kondisi feses yang baik merupakan feses yang mempunyai warna coklat dan teksturnya tidak keras. 

  • Berat badan yang stabil 

Salah satu ciri pencernaan lancar adalah berat badan yang stabil. Maksudnya disini bukan berarti anda yang tidak ideal tidak sehat. Tetapi stabil diartikan dengan tidak tiba tiba naik turun secara drastis. Penurunan berat badan secara mendadak biasanya dipicu oleh pertumbuhan bakteri yang berlebih di dalam usus sehingga dapat memakan zat gizi dari makanan yang anda makan sehingga menjadikan anda kekurangan. 

Adapun beberapa cara agar bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Karena bakteri pada usus sangat berpengaruh. Alangkah baiknya anda menambah prebiotik yang bisa anda cari melalui mengkonsumsi buah dan sayuran yang mempunyai tinggi serat seperti asparagus dan buah pisang. Tidak hanya itu, prebiotik bisa didapat juga dari beberapa makanan seperti oat, biji kakao serta rumput laut. 

Pasalnya, selain makanan minuman pun juga harus diperhatikan. Jika anda mau menambahkan bakteri probiotik. Minumlah minuman kemasan yang berasal dari susu fermentasi dengan kandungan bakteri baik seperti yogurt ataupun yakult. 

Tapi jangan khawatir jika anda mempunyai alergi terhadap susu. Minumlah probiotik yang mengandung casei shirota strain yang sudah mengalami fermentasi yang menjadikan mudah dicerna oleh tubuh dan sudah terbukti aman bagi penderita alergi susu. Pentingnya pencernaan lancar sangat perlu diperhatikan. 

Untuk memperoleh kesehatan sistem pencernaan dan imun yang kuat, yuk, bisa coba terapkan tips tersebut. Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan sehat dan cobalah kurangi makanan yang kurang baik bagi tubuh seperti junk food. Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi namun kurangilah untuk kebaikan diri anda. Perbanyak minum air putih, olahraga, tidur yang cukup, kelola stress serta berhenti meminum semua minuman yang beralkohol dan merokok. 

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published.